Selasa, 19 Desember 2017

Lech Walesa : Teknisi Ternama Aktifis Solidaritas Pekerja



Lahir pada bulan 29 September 1943, di sebuah desa bernama Popowo yang terletak di antara Warsawa dan Gdansk, seorang anak lelaki dari petani dan tukang kayu. Ia bersekolah di sekolah teknisi dekat Lipno dan sempat bekerja untuk sementara waktu sebagai teknisi listrik di Lochocin.
Setelah menyelesaikan tugas militernya dari tahun 1963 hingga 1965, Lech Walesa pindah ke Gdansk di mana ia bekerja sebagai teknisi listrik untuk Galangan Kapal Lenin.

Saat bekerja di sana, Walesa menjadi salah satu pelopor sarikat buruh yang menampung segala aspirasi para pekerja. Dalam menjalankan misinya di serikat buruh, ia memilih jalan damai dan tanpa kekerasan seperti negosiasi saat berhadapan dengan otoritas pemerintah.



Pada akhir tahun 1970, ketika kelangkaan dan peningkatan drastis harga makanan memicu aksi demonstraasi yang diwarnai kekerasan di galangan kapal di sepanjang pantai Baltik, Walesa terpilih sebagai ketua komite aksi serikat pekerja di Galangan Kapal Lenin. Di sana, pada tanggal 15 Januari 1971, ia termasuk salah satu di antara yang ikut menegosiasikan tuntutan pekerja dengan sekretaris utama partai komunis, Edward Gierek.

Setelah beberapa saat tidak terlibat dalam dunia politik, Walesa terpilih sebagai delegasi ke pertemuan Dewan Pekerjaan Galangan Kapal pada Februari 1976, di mana ia mengungkapkan tentang penentangannya terhadap pihak berwenang karena telah mengingkari konsesi yang disetujui dalam perundingan 1971. Setelah memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya di galangan kapal, ia menemukan pekerjaan di sebuah mesin konstruksi pada Mei 1976.

Membangun Persatuan Dagang

Sepanjang musim gugur 1976, Walesa terus berhubungan dengan Komite Pertahanan Pekerja atau dalam bahasa Polandia disebut KOR, yang berganti nama menjadi Komite Pertahanan Diri Sosial, yang didirikan pada bulan September 1976. Komite ini didirikan oleh para intelektual yang memberontak di Warsawa untuk memberikan bantuan kepada para pekerja yang diserang secara brutal di Warsawa dan Radom.



Juni demonstrasi dilancarkan untuk merespon kenaikan harga makanan, Walesa dan Aktivis Pekerja di Gdansk menyusun sebuah Piagam Hak Pekerja pada tanggal 29 April 1978, dan membentuk Komite Baltik untuk Serikat pekerja Independen tidak resmi untuk membela hak ekonomi, hukum, dan hak asasi pekerja.

Meski sibuk terlbat dalam gerakan serikat buruh bawah tanah, Walesa terus bekerja dengan serikat pekerja resmi yang dikendalikan pemerintah. Saat terpilih sebagai delegasi dalam pemilihan resmi serikat pekerja, ia memprotes manipulasi pemilihan yang mencolok dan pada bulan Desember 1978, Walesa dipecat dari pekerjaannya. Lima bulan kemudian tepatnya di bulan Mei 1979, Walesa mulai bekerja di perusahaan teknik Elektromontaz, di mana ia mendapatkan pengakuan sebagai teknisi listrik yang luar biasa.



Pendirian "Solidarnosc"

Walesa mengeluarkan piagam resmi Serikat Buruh Otonomi Independen di Gdansk pada tanggal 15 September 1980 saat sekretaris utama partai, Snanislaw Kania, memperpanjang Kesepakatan Gdansk ke seluruh negara. Pada tanggal 17 September 1980, Walesa terpilih sebagai ketua badan pembuat keputusan tertinggi dari serikat pekerja nasional yang baru yaitu Komisi Koordinasi Nasional Serikat Pekerja Otonomi Independen "Solidarnosc" (NSZZ Solidarnosc)


Memimpin sebuah delegasi besar, Walesa mengajukan undang-undang Solidarnosc ke Pengadilan Distrik Warsawa pada tanggal 24 September untuk pendaftaran sebagaimana dipersyaratkan oleh undang-undang. Dari bulan September sampai November 1980, Walesa menggunakan mekanisme "mogok kerja" secara efektif untuk melawan serangkaian konfrontasi yang dirancang oleh pihak berwenang untuk melemahkan dan menghancurkan Solidarnosc.
Suhariwan Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar